Sondag, 21 April 2013

Tempat Pariwisata di Klaten

SERBA SERBI TEMPAT WISATA DI KOTA KLATEN

Halo sobat sobat semua,terutama warga klaten bersinar. Apakah kalian bangga menjadi warga klaten ???? apakah kalian tau dimana tempat tempat wisata yang ada di klaten ???? sebagai warga yang baik harusnya sudah tau dan sudah pernah berkunjung. Mosok wisata tetangga sudah dikunjungi tapi wisata sendiri belum pernah ????? hahahaha......Tapi pasti ada juga yang belum tau tempat2 wisata yang patut dikunjungi di klaten..okelah kalo begitu sebagai warga klaten yang membanggakan kota tercinta saya akan share beberapa tempat wisata yang ada di klaten.

TOURIST MAP KOTA KLATEN


DIATAS ADALAH PETA WISATA KOTA KLATEN,DAN DI BAWAH INI ADALAH BEBERAPA TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI KOTA KLATEN,,HEHEHEHE,,,,
1. CANDI PARAMBANAN


          Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbersar di Indonesia, Berketingian 47 meter, dibangun pada abad 9, Letaknya berada 17 km arah timur Jogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo,Candi yang utama yaitu Siwa (Tengah) Candi Brahma (Selatan) dan Candi Wisnu (utara). Di depannya terletak candi Wahana (Kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angsa adalah kendaraan Brama (Dewa Penjaga); Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Perusak) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pencipta).

        Sebagai peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memang memiliki pesona keindahan tersendiri. Sebab selain bentuk bangunan dan tata letaknya yang menakjubkan, candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik wisatawan. Tak heran bila candi yang terletak di tepi jalan raya 17 Km dari Yogyakarta menuju Solo ini menjadi obyek wisata andalan bagi kedua kota tersebut.

        Komplek candi yang dibangun pada abad 9 M ini memiliki tiga bangunan utama berarsitektur indah setinggi 47 meter. Ketiga bangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentang tiga dewa utama yang terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) di tengah,

        Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di utara. Kemudian di depan bangunan utama ini terdapat tiga candi yang lebih kecil sebagai perlambang Wahana (kendaraan) dari Trimurti. Ketiga candi tersebut adalah Candi Nandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa, Candi Angsa kendaraannya Brahma, dan Candi Garuda kendaraan Wisnu.

Para wisatawan juga dapat melihat dan mengikuti kisah cerita Ramayana yang reliefnya dipahatkan searah jarum jam pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma. Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief cerita Krisnayana.

2. WISATA ALAM DELES INDAH

          Berada di kawasan kaki gunung Merapi, merupakan salah satu objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan. Di area lokasi wisata Deles Indah tersedia beberapa fasilitas penunjang, diantaranya: - Pesanggrahan - Bumi Perkemahan.objek ini bisa dikatakan mirip dengan kaliurang yang ada di yogyakarta karena keduanya berapa di kaki gunung merapi.
3. ROWO JOMBOR

Objek wisata Rawa Jombor Objek wisata Rawa Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat, merupakan daerah tujuan wisata dengan pemandangan alam yang sangat menarik, dengan hamparan air rawa yang jernih. Daerah tersebut dikelilingi oleh pegunungan kapur yang sangat indah. Oleh penduduk sekitar daerah tersebut dimanfaatkan sebagai tempat pancingan dan budidaya ikan dalam terumbu. Selain itu juga difungsikan sebagai tempat penampungan air untuk irigasi daerah-daerah sekitarnya. Yang menarik, kini di dalam rawa ini sangat banyak dijumlai warung-warung atau rumah makan apung yang banyak digemari para wisatawan. 
Selain untuk objek wisata dan pancingan, juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk budidaya ikan terumbu dan rumah makan apung. Tampak rumah-rumah makan apung di tengah rawa dengan latar balakang pegunungan yang indah nan elok, dan latar depan trumbu apung, yang dibudidayakan oleh warga masyarakat sekitar.
Sebagai daerah wisata, pada hari-hari besar tertentu, terutama hari libur dan hari besar nasional, jumlah pengunjung meningkat. Selain menikmati indahnya pemandangan dan angin yang sepoi-sepoi, juga tidak kalah asyiknya memancing bersama anggota keluarga. Pengunjung yang ingin menikmati masakan ikan goreng yang gurih, seperti kakap dan nila di tengah rawa dapat dijumpai rumah makan terapung yang biasa menghidangkan berbagai masakan tersebut.
Objek wisata air yang lain di Kabupaten Klaten diantaranya:
-Sumber air Nilo, yang terletak di kawasan pemancingan Janti, Desa Janti Kecamatan Polanharjo.
- Sumber air Ponggok di Dukuh Nganjat Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo.
4. MUSEUM GULA GONDANG WINANGOEN

Wisata Agro Gondang Winangoen adalah sebuah kawasan wisata baru yang terletak di jalur utama Solo- Jogja, tepatnya di PG. Gondang Baru desa Plawikan, Jogonalan Klaten. Agrowisata ini menawarkan beberapa wahana dan obyek wisata menarik yang kental dengan nuansa Historis yang dipadu dengan unsur Rekreasi dan Edukasi. Beberapa fasilitas yang ditawarkan di Wisata Agro Gondang Winagoen ini antara lain adalah Tour keliling Pabrik Gula “Tempo Doeloe” dengan Museum Gula Jawa Tengah yang berdiri tahun 1982, Wisata Kereta Lokomotif Uap dan Kereta Lokomotif Diesel mengelilingi pabrik gula Gondang Baru, Home Stay yang merupakan rumah besar Administratur dengan arsitektur abad 19 nya yang megah, D'Gondba Resto yang menyajikan berbagai makanan & minuman produk hilir PTP Nusantara IX (Persero), Auditorium / Gedung Pertemuan yang mampu menampung hingga 1000 kursi, dan Green Park (outbound area) dengan berbagai wahana rekreasi yang terdiri dari Water Boom, Water Park, Water Slidding, Spider Web, Flying Fox, Adventure Park, Marine Brige, Wall Climbing, Taman Lalulintas,Terapi Ikan & Wood Ball, yang sangat cocok untuk berlibur anda beserta keluarga,,, So....Joint With Us....And Enjoy New Adventure @ Gondang Winangoen.
5. MATA AIR DAN PEMANDIAN COKRO TULUNG

Di Kabupaten Klaten ada objek wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi. Namanya Wisata Tirta, yang lokasinya di Umbul Cokro Tulung. Bagi Kabupaten Klaten, objek wisata tersebut memberi sumbangan penting bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Jika diperhatikan, objek wisata Umbul Cokro Tulung yang ada di bagian utara Kabupaten Klaten memiliki kelebihan dibandingkan objek wisata tirta lainnya . Debit air yang tinggi sekitar 1500 liter detik, ternyata mampu memberikan kehidupan bagi ribuan orang di daerah setempat. Air bersih yang memiliki kandungan mineral tinggi itu, selain dimanfaatkan para petani untuk mengairi tanah persawahan juga dimanfaatkan oleh perusahaan air minum kemasan yang didistribusikan di Jawa Tengah.
Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Jawa Tengah mengembangkan objek wisata tersebut sejak tahun 2008. Dan sekarang telah menampakkan hasil yang nyata. Kawasan kuliner yang dibangun di tempat yang sejuk dan indah ini, menyediakan masakan dari ikan air tawar dan makanan ringan lainnya. Selain itu, kawasan camping ground yang dikembangkan diharapkan mampu menjadikan objek wisata mata air Cokro sebagai wisata edukasi.
Nha sobat itulah beberapa tempat wisata kota klaten saya tercinta yang wajib anda datangi. Sebenarnya masih buanyak sekali objek wisata yang ada,namun saya merekomendasikan 5 tempat wisata yang memang bagus untuk dikunjungi. Semoga info ini bermanfaat dan jika ada yang berminat silahkan berkunjung dan menikmati wisata yang ada di klaten.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking